STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT)


          UPPL (Unit Program Pengalaman Lapangan) Sebagai unit Pelaksana teknis berfungsi memberikan pelayanan kepada mahassiswa dalam kegiatan program pengalaman lapangan sekolah dan di luar sekolah guna berlatih dalam segala kemampuan keterampilan mengajar yang dituntut dari seorang guru yang baik sebagai pendidik, pengajar, mapupun sebagai pembimbing dan pelatih bagi peserta didik sesuai dengan tuntutan  dari pekerjaan guru sebagai pejabat/pekerjaan profesi.


1. Pengertian Program Pengalaman Lapangan           
Program Pengalaman Lapangan ialah kegiatan penyelenggaraan  perkuliahan di luar kampus; berupa latihan memperagakan unjuk kerja keguruan, baik mengajar (teaching) maupun non mengajar (nonteaching) melalui program mengajar (non-teaching) melalui program intra sekolah dan luar sekolah; sehingga mahasiswa mampu calon guru, dapat menguasai perangkat kemampuan yang diperlukan sebagai seorang guru yang profesional.

2. Tujuan Program Pengalaman Lapangan
Tujuan umum pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL), ialah agar para mahasiswa memiliki profesionalitas mengajar maupun non mengajar sebagaimana tertuang pada sepuluh profil kemampuan dasar guru

3. Syarat mahasiswa dapat mengikuti PPLT
  1. Telah lulus MK. Microteaching
  2. Telah lulus tes kompetensi Pra PPLT yang diselenggarakan Universitas setiap tahunnya. Materi soal dalam bentuk paket; persyaratan tes kompetensi Pra PPLT dirumuskan oleh Pembantu Rektor I, Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL), dan Pusat Komputer Unimed. Ujian dilakukan dengan sistem on line melalui Puskom yang dijadwalkan oleh UPPL.
  3. Telah lulus semua MK. MKDK, MKPBM, dan Kapita Selekta. Atau wajib lulus mata kuliah Microteaching, Psikologi Pendidikan, Profesi Kependidikan, Strategi Belajar Mengajar, Evaluasi Pembelajaran/Pendidikan, Perencanaan Pembelajaran, Telaah Kurikulum.
  4. Maksimal satu nilai MK Bidang studi nilai E
  5. Telah duduk pada posisi semester VII, dan tidak pernah mahasiswa selang/cuti dalam periode 6 semester



Sumber dari   Website UNIMED
Hari  KAMIS    jam 1: 32, 21/06/2012
read more.....

Comments

Artikel Populer di black horse

Cara Mengisi KRS/ Melihat KHS UNIMED Terbaru

mengaktifkan kembali IDM yg Fake serial (meminta kode registrasi)

Klik di sini Untuk Mendaftar Pemilihan Kabupaten Tempat PPL Unimed 2012-2013